19.3 C
Garut
Kamis, September 30, 2021
spot_img
BIJ MOBILE KORAN BARU
glau-ads
SMPN 1 Garut - 01022021
previous arrow
next arrow

Mahasiswa KKN-PPM Tematik STIE “Yasa Anggana” Garut, Lakukan Pendampingan UMKM Kopi Sagara

GARUT, jabarbicara.com– Mahasiswa KKN-PPM STIE “Yasa Agggana” Garut Kelompok 02 melaksanakan program pendampingan UMKM kopi sagara melalui pencatatan keuangan sederhana dan pembuatan label kemasan produk sebagai upaya dalam membantu usaha masyarakat di Desa Tenjonagara, Kecamatan Sucinaraja, Garut (01/03/2021).

Kelompok KKN yang di ketuai oleh Revin Rifaldy itu beranggotakan 12 mahasiswa yaitu, Agung Prawira S, Yoshua Ghozali PM, Fajar Nuryana, Taupik Hidayat, Rila Putri, RinRin Apriliani, Lusi Farwati, Nindy Selsa, Dewi Ratnasari, Lia Erika dan Vini Abrilian S dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hari Mulia, SE. MM. dari prodi Manajemen S1.
“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan KKN-PPM Tematik Edisi Covid-19 ini adalah untuk Mewujudkan Masyarakat yang Tangguh Melalui Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Percepatan Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19” kata Hari Mulia, SE. MM. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Tenjonagara.

Upaya percepatan penanggulangan dampak pandemi covid-19, khususnya dalam membantu UMKM produk kopi sagara di Kampung Sagara Desa Tenjonagara Kecamatan Sucinaraja Garut merupakan program yang di usung oleh peserta mahasiswa KKN-PPM TEMATIK Edisi Covid-19 2021 STIE “Yasa Anggana” Garut.

Pendampingan keuangan sederhana serta pembuatan label kemasan kopi sagara di harapkan dapat membantu usaha produk lokal Kp.Sagara yaitu pada produk kopi sagara yang di kelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) “LESTARI” yang diketuai oleh bapak Engkos. Sebagai akademisi, mahasiswa STIE “Yasa Agggana” Garut pun juga ikut andil dalam menangani dampak pandemi ini. Salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa STIE “Yasa Agggana” Garut adalah Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat  (KKN-PPM) edisi Covid-19 2021.

Salah satu kelompok KKN yang ditugaskan di Desa Tenjonagara, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut ini diketuai oleh Revin Rifaldy. Kelompok tersebut melakukan berbagai program kerja yang tentunya berkaitan erat dengan percepatan penanggulangan dampak pandemi covid-19. “Saya dengan kawan-kawan mahasiswa yang lain berusaha memberikan program kerja yang terbaik untuk desa, terutama focus pada UMKM produk lokal kopi sagara dikampung Sagara Desa Tenjonagara Kecamatan Sucinaraja Garut. Dikarenakan dampak dari pandemi covid 19 yang mengakibatkan seluruh sektor ekonomi menurun. Maka usaha UMKM Produk Kopi Sagara perlu melakukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi, memasarkan lewat market place dan re-Label baru kemasan” ungkap Revin.

“Meskipun KKN dilakukan secara terbatas, KKN STIE ‘Yasa Agggana’ Garut tetap memberikan berbagai program bermanfaat bagi masyarakat. Kondisi pandemi saat ini pun tidak mematahkan semangat gotong royong anggota kelompok dalam pendampingan pencatatan keuangan sederhana serta membuat desain label kemasan produk UMKM Kopi Sagara kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) LESTARI” ungkap Hari Mulia, S.E., M.M. selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok tersebut.

Kegiatan tersebut  mendapat respon positif dari aparat pemerintahan dan masyarakat desa setempat. “Alhamdulillah, walaupun kondisi seperti ini, masyarakat Desa Tenjonagara tetap bisa mendapatkan kegiatan bermanfaat dari KKN STIE “Yasa Agggana” Garut,” tutur Pelani Nugraha selaku Kepala Desa Tenjonagara.

Selain pendampingan keuangan pencatatan sederhana dan desain label kemasan produk kopi sagara, terdapat beberapa program kerja unggulan lainnya dari kelompok KKN Edisi Covid-19 STIE “Yasa Agggana” Garut seperti kegiatan edukasi adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah yang akan mengabdikan ilmunya kepada masyarakat Desa Tenjonaga selama masa pandemi ini.

Pewarta : Tim KKN STIE “Yasa Agggana” Garut Edisi Covid-19 Desa Tenjonagara

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,441FansSuka
2,958PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Terbaru

spot_img



spot_img
Translate »