19.9 C
Garut
Jumat, September 24, 2021
spot_img
BIJ MOBILE KORAN BARU
glau-ads
SMPN 1 Garut - 01022021
previous arrow
next arrow

Forum Mahasiswa Peundeuy Desak Camat Segera Tuntaskan Masalah Pungli KTP di Kec. Peundeuy

GARUTBICARA— Atas dasar laporan dan keluhan masyarakat Kecamatan Peundeuy mengenai pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), bahwasannya di Kecamatan Peundeuy ada oknum yang melakukan pungli dalam pembuatan KTP.

Tentunya Forum Mahasiswa Peundeuy hadir sebagai Sosial Control turut turun tangan mengenai permasalahan pungli pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), “sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan (Adminduk), e-KTP berlaku seumur hidup, dan pengurusannya tidak dipungut biaya alias gratis. Demikian juga, dengan pengurusan akta kelahiran,dan pengurusan akta kematian,” ucap Diran Murtado selaku Ketua Umum Forum Mahasiswa Peundeuy

Sementara menurut Ziad Ahmad Yunani selaku Ketua Satgas Saber Pungli KTP kepada jabarbicara.com, Selasa (06/07/2021) mengatakan, “UU yang baru pasal 95 B menyatakan bahwa di desa, kelurahan dan kecamatan, tidak boleh pejabat pemerintah melakukan pungutan biaya dalam pengurusan dokumen kependudukan. Nanti bisa dipidana paling lama 6 tahun atau denda paling banyak Rp 75 juta. Dokumen kependudukan bukan hanya KTP, bisa Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan sebagainya. Oleh karena itu mari kita awasi bersama, Nah kalau ada yang terbukti, kita laporkan saja,” ujar Ziad

Selanjutnya Ziad berharap pertemuan saya dengan Camat Peundeuy pada hari Senin (05 Juli 2021) di kantor Kecamatan Peundeuy, mengajak dan mendesak Camat Peundeuy untuk sama sama memberantas pungli KTP di wilayahnya.

Usai pertemuan Camat Pendeuy Riyana Taspirin mengatakan, “Saya selaku Camat Peundeuy bersama mereka para mahasiswa yang tergabung di Forum Mahasiswa Peundeuy sepakat untuk menuntaskan masalah pungli KTP ini dan akan membantu memfasilitasi audiensi bersama Disdukcapil Garut, ” ucapnya (Ikj/Gb)

Related Articles

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,441FansSuka
2,954PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Terbaru

spot_img



spot_img
Translate »