21.5 C
Garut
Kamis, September 23, 2021
spot_img
BIJ MOBILE KORAN BARU
glau-ads
SMPN 1 Garut - 01022021
previous arrow
next arrow

Butuh Sinergi Pemerintah dan Masyarakat Dalam Menangani Masalah Lingkungan.

GARUT, jabarbicara.com– Pemuda Muslim Pengurus Anak Cabang ( PAC ) Kecamatan Samarang dan KPLH (Keluarga Pemerhati Lingkungan Hidup) Lentera SMAN 6 Garut, melakukan aksi bersih – bersih dalam rangka memperingati HARI AIR SEDUNIA yang berlokasi di Sungai Ranjeng desa Cintarakyat Kecamatan Samarang, Minggu (21/03/2021)

Menurut Deden Jahir Alamsyah Koordinator kegiatan mengatakan, kendati Hari Air Sedunia  jatuh pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021 semangat kami sudah menggebu – gebu untuk turun kelapangan melakukan aksi pada hari ini Minggu 21 Maret 2021, kami beserta para aktivis lingkungan Lentera dan juga Pemuda Muslim Pengurus Anak Cabang ( PAC ) Samarang mengadakan Aksi bersih-bersih yang berlokasi di sungai Ranjeng desa Cintarakyat kecamatan Samarang. Adapun tema yang kami usung adalah “Air dan Perilaku Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19“.

Deden menambahkan, sebagai mana kita pahami bahwa air adalah sumber kehidupan bagi seluruh makhluk, 14 abad yang lalu sudah  jelas dalam Alquran Surat Al Anbiya ayat 30 yang artinya : Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup, maka mengapakah mereka tiada juga beriman?
Kebutuhan manusia akan air apalagi di saat seluruh manusia menghadapi pandemi Covid-19 sangatlah vital agar imun senantiasa terjaga, oleh sebab itu air harus selalu tersedia bersih tidak tercemari agar kita dan generasi sesudah kita tidak mengalami krisis air.

Selanjutnya, namun beberapa prilaku manusia justru malah merugikan dan merusak sehingga ketersediaan air menipis dan air yang adapun malah tercemari, diantaranya:
Yang pertama kesadaran membuang sampah pada tempatnya masih minim,banyak masyarakat yang membuang sampah langsung ke sungai yang membuat sungai tersebut tercemari bahkan laju air terhambat sehingga mengakibat kan banjir.
Yang kedua Para pelaku industri yang menggunakan bahan kimia dengan pengelolaan limbah nya yang tidak benar membuat air jadi tercemar, Yang ketiga Penebangan pohon dan alih fungsi hutan jadi kebun menjadikan sumber sumber air mengering

Deden berharap melihat kondisi seperti ini di butuhkannya kerja bareng dan bergandengan tangan antara pemerintah dan masyarakat agar semua pihak menjalankan perannya masing-masing, sehingga kesadaran masyarakat bisa  meningkat dalam membuang sampah dengan di fasilitasi oleh pemerintah.

Pemerintah juga mempunyai peranan penting dalam menangani limbah-limbah industri dan juga menjaga kelestarian hutan sehingga air tetap tersedia dengan bersih. (Atu RF/Gb)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,441FansSuka
2,955PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Terbaru

spot_img



spot_img
Translate »