25.3 C
Garut
Kamis, September 23, 2021
spot_img
BIJ MOBILE KORAN BARU
glau-ads
SMPN 1 Garut - 01022021
previous arrow
next arrow

Bupati Garut Resmikan Padepokan Pencak Silat di Kampung Papandak Wanaraja

GARUT, jabarbicara.com– Bupati Garut, Rudy Gunawan, resmikan Padepokan Pencak Silat Surya Sumirat yang berlokasi di Kampung Papandak, Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Sabtu (30/01/2021).

Rudy menagatakan padepokan menjadi salah satu bagian penting dalam membangun karakter generasi muda. “Padepokan ini merupakan bagian yang penting dalam membangun karakter bagi generasi muda, generasi muda sekarang lebih tau tentang HP (Handphone), siapa yang menjadi pemain-pemain di HP, dari pada tentang budi pekerti yang dulu dimana-mana juga pesantren besar suka dihubungkan dengan bela diri yaitu Pencak Silat,” ujar Rudy.

Ia mengatakan pencak silat harus dilestarikan karena bisa membangun sifat ksatria, jujur, dan ksatria. Di sisi lain, saat ini keahlian bela diri bisa menghasilkan penghasilan yang besar, bagi siapaun yang menekuninya. “Berkelahi juga sekajrang bisa menjadi uang (penghasilan) ratusan miliar, mau ke UFC (Ultimate Fighting Championship) silahkan, nanti lawan McGregor (salah seorang Atlet UFC), bayarannya ratusan miliar. Mau ke MMA (Mixed Martial Arts) silahkan tapi dasar ilmunya ada, mau di silat, taekwondo, karate, dan lain-lain,” ungkap Rudy.

Ia menuturkan Kampung Papandak yang menjadi tempat Padepokan Surya Sumirat menjadi salah satu kampung bersejarah bagi Kabupaten Garut. “Kampung Papandak itu adalah salah satu kampung yang ada dalam sejarah Kabupaten Garut, dikarenakan rumahnya (memiliki) khas, papandak itu dijadikan ide untuk membangun ITB (Institut Teknologi Bandung) Tahun 1926, jadi jurang papandak itu merupakan salah satu peninggalan leluhur orang sunda asli, orang Garut asli, yaitu rumah papandak,” tutur Rudy.

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut sempat mengapresiasi anak-anak yang sedang memakai pangsi dan bermasker. “Saya merasa bahagia kalau ada anak kecil yang memakai pangsi (pakaian adat sunda), hebat, yang di masker (dikasih) hadiah 10 ribu dari Pak Bupati.” pungkasnya. (Atoet/Gb)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,441FansSuka
2,955PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Terbaru

spot_img



spot_img
Translate »