20.2 C
Garut
Minggu, Oktober 17, 2021
spot_img
BIJ MOBILE KORAN BARU
glau-ads
SMPN 1 Garut - 01022021
previous arrow
next arrow

Bank Indonesia Regional Jabar Dukung Digitalisasi Ekonomi di Kabupaten Garut

GARUT, jabarbicara.com– Bank Indonesia menawarkan digitalisasi ekonomi kepada Pemkab Garut guna mempercepat terutama dalam bidang UMKM

Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja dari Bank Indonesia Regional Jawa Barat. Kunjungan itu dalam rangka meningkatkan sinergitas pengendalian inflasi dan akselerasi implementasi digitalisasi di daerah, dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (02/02/2021).

Bupati Rudy mengatakan, dalam kunjungan ini, Tim Pemantau Inflasi Daerah memberikan solusi kepada pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan ekonomi agar ekonomi dapat terus berjalan meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19. “Ini dari Bank Indonesia selaku tim pemantau inflasi daerah, ini memberikan solusi dan guidance pada pemerintah daerah bagaimana ekonomi tetap berjalan, kesehatan juga menjadi penting. Di masa pandemi ini langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah,” ucap Bupati.

Ada beberapa saran dari Bank Indonesia, Imbuh Bupati Garut, terdiri dari lebih 5 poin yang harus dilaksanakan, mulai dari bidang ekonomi hingga berhubungan dengan pariwisata. “Ini bagus sekali saran-saran dari Bank Indonesia, ini kurang lebih ada 5 poin yang harus dilaksanakan. Diantarnya bagaimana ekonomi tetap bergerak, masyarakat daya belinya juga terjaga, investasi masih ada dan juga hal-hal yang berhubungan dengan pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Direktur Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, Taufik Saleh mengatakan, pihaknya sudah banyak melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut. “Selama ini kami sudah banyak melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah Garut. Klaster-klaster kami mulai dari peternakan, pertanian dan produk kreatif sudah kami jalankan. Dan ini menjadi poin untuk kita kembangkan lebih lanjut,” kata Taufik.

Salah satu poin yang disampaikan oleh pihak Bank Indonesia adalah mengenai digitalisasi ekonomi. Taufik menuturkan digitalisasi ekonomi harus dipercepat terutama dalam bidang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
“Digitalisasi ekonomi harus dipercepat, digitalisasi ekonomi ini tentunya terutama UMKM untuk proses produksi maupun transaksi oleh karena itu ini nanti akan menjadi salah satu focus kami” tambahnya.

Adanya digitalisasi adalah untuk menyambut dicanangkannya tim percepatan penguatan digitalisasi daerah, maka dari itu, lanjut Taufik, Bank Indonesia Regional Jabar akan mendukung pemerintah Garut untuk melaksanakan elektronifikasi transaksi. “Kami akan terus mendorong membantu mendukung pemerintah daerah Kabupaten Garut untuk melaksanakan elektronifikasi transaksi baik di keuangan pemerintah maupun di masyarakat,” pungkasnya. (Atoet/Gb)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,441FansSuka
2,986PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Terbaru

spot_img



spot_img
Translate »